Masa Depan

TIAP LANGKAH KITA MENENTUKAN, KEPUTUSAN KITA MEMBERI ARTI...

Sabtu, 02 Mei 2015

DATANGLAH DEKAT

I am back, sudah lama tidak kutak katik, beberapa bulan ini Tuhan menegur saya untuk semakin dekat dengan Dia. Sebagai salah satu pemimpin di gereja lokal, dan memiliki tanggung jawab. Hubungan dekat dengan Tuhan lebih penting dari sekedar ide dan program.
Salah satu ayat yang menjadi pesan mendalam hari-hari ini berkisah tentang Yosua. Dalam Yosua 3:9 Lalu berkatalah Yosua kepada orang Israel: "Datanglah dekat dan dengarkanlah firman TUHAN, Allahmu."
Sebelum orang Israel masuk menduduki Tanah Perjanjian, Yosua memanggil orang Israel ( para pemimpin termasuk didalamnya ). Ada dua pesan yang saya dapat pada ayat ini yang pertama adalah datanglah mendekat.
Menjadi pertanyaan kenapa Yosua meminta mereka datang mendekat. Datang mendekat berbicara tentang keintiman dan juga pesan yang penting. Jangan Lupa, ini adalah pertama kali bangsa Israel dipimpin Yosua setelah kepemimpinan Musa yang berkharisma.
Ada dua tantangan yang dihadapi Yosua untuk masuk tanah Perjanjian, yang pertama Sungai Yordan yang harus dilewati dan Tembok Yerikho yang harus ditembus. Bukan perkara yang mudah untuk melakukannya. Itulah mengapa Yosua meminta datang mendekat. Kedekatan, satu visi antara pemimpin dan pengikut, dan yang paling penting menyelaraskan dengan Allah.
Kedua adalah dengarkanlah firman TUHAN, Allahmu. Kata dengar yang berarti mendengar dengan teliti dan melakukan seperti apa yang mendengar. Memberikan satu aturan yang harus dilakukan oleh segenap orang Israel, baik para pemimpin dan pengikutnya.
Aturan yang dapat MELEWATI dan MENEROBOS serta menduduki TANAH PERJANJIAN. Dua hal ini menjadi pesan mendalam bagi saya. Dan saya belajar melakukan untuk masuk dalam rencana Allah yang luar biasa yaitu DATANG MENDEKAT dan DENGAR FIRMAN.
- Ps. Steven Imanuel Bawole

Tidak ada komentar:

Posting Komentar